Kenapa Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan? Ini Cara Mengatasinya!

Setiap aplikasi marketplace pastinya menyediakan fitur yang bernama paylater. Kini toko online mulai digemari oleh kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga hal ini membuat perubahan sistem berbelanja di tanah air yang dulunya harus pergi ke pasar, kini tinggal membuka Hp.

Siapa sih yang tidak mengenal Lazada? Ini merupakan sebuah marketplace terbesar dan ternama yang memiliki banyak pengguna dari Indonesia. Sehingga wajar saja, aplikasi belanja online ini memiliki banyak pengguna setia.

Lazada sendiri juga sering menawarkan beragam fitur unggulan. Salah satu fitur yang dimilikinya adalah Lazpaylater, kehadiran fitur ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam berbelanja secara online, apabila tidak memiliki uang sekarang tapi ingin belanja.

Akan tetapi, belakangan ini fitur ini sedang mengalami error, sehingga membuat para pengguna Lazada kecewa. Lantas apa sih penyebab lazada paylater tidak bisa digunakan dan bagaimana cara mengatasinya? Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor, tapi tenang saja setiap masalah pasti ada solusinya.

Apa Itu Playlater Lazada?

Seperti yang sudah kami singgung diatas, Playlater lazada merupakan salah satu fitur andalan yang dimiliki aplikasi belanja online bernama lazada. Dengan adanya fitur ini, maka para pengguna lazada semakin dimanjakan terutama saat membeli barang bisa di kredit. Hal ini tentu ini tentu kabar baik untuk semua orang khususnya member aplikasi Lazda.

Sayangnya, kini fitur playlater yang ada di Lazada sedang mengalami down. Pastinya membuat semua pengguna aplikasi ini merasa kecewa, karena fitur playlater ini tidak bisa digunakan lagi. Sebetulnya fitur playlater di lazada ini masih bisa berfungsi secara normal, hanya saja para pengguna lazada yang belum mengetahuinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan

Kenapa Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan

Sebenarnya untuk mengatasi fitur Payleter di Lazada yang tidak bisa digunkan atau error tidalain sulit, hanya saja ada sebagian orang yang belum mengerti. Oleh karena itu, simak langkah-langkah berikut ini :

Belum Verifikasi Akun Paylater Lazada

Tidak jauh berbeda dengan akun paylater di platform lain, seperti di Shopee. Untuk bisa menggunakan fitur paylater Lazada pengguna harus menyelesaikan verifikasi akun. Tahap verifikasi dilakukan agar pihak Lazada bisa mengetahui data diri si pengaju atau peminjam.

Adapun data yang diperlukan untuk memverifikasi akun paylater Lazada adalah nama lengkap, nomor telepon, alamat email, KTP dan lain sebagainya yang dibutuhkan. Dari semua data itu, KTP adalah berkas yang paling penting karena ini digunakan sebagai bukti dan jaminan apabila si peminjam tidak membayar tagihan.

Selain sebagai jaminan, KTP juga dijadikan sebagai faktor yang menentukan limit paylater yang bisa digunakan untuk belanja di Lazada dan Akulaku. Oleh karena itu, jika akun paylater mu ternyata belum diverifikasi, maka wajar kalau kamu tidak bisa menggunakan fitur ini untuk belanja.

Solusi:

Untuk mengatasi hal ini, kamu hanya perlu melakukan verifikasi akun paylater. Caranya sendiri sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan pihak Lazada, seperti mengisi biodata diri, foto selfie, scan ktp, scan slip gaji(jika ada) dan lain sebagainya.

Saran saya isi semua data yang dibutuhkan agar proses verifikasi cepat dan limit pinjaman yang bisa kamu dapatkan juga besar. Berapa lama proses verifikasi akun mas? Jawabannya tergantung, kalau seandainya kalau banyak pengguna yang mengajukan verifikasi akun paylater, maka proses verifikasi bisa lebih lama. Tapi biasanya, proses verifikasi hanya membutuhkan waktu beberapa menit, jam atau sampai 1×24 jam.

Nomor Hp Lazada dan Akulaku Beda

Harus kamu semua ketahui antara paylater Lazada dan Akulaku itu sama ya, hanya platform saja yang membedakannya, tapi secara perusahaan mereka menjadi satu. Jadi, bisa saja karena saat kamu memasukan nomor telepon di akun Lazada dan Akulaku beda.

Tentu saja, ini membuat pihak Lazada curiga, kenapa bisa nomor hp yang didaftarkan beda, padahal data identitas sama (KTP sama). Karena ada masalah pada nomor hp ini bisa saja membuat akun paylater mu tidak bisa digunakan untuk belanja, meski kamu mendapatkan limit paylater.

Solusinya:

Bagaimana cara mengatasinya? Mudah kok, kamu hanya perlu mengganti nomor hp di akun Lazada atau Akulaku agar kedua platform tersebut sama. Jika sudah tunggu beberapa hari sampai pihak Lazada meninjau kembali akun paylater mu.

Kalau dirasa terlalu lama, kamu bisa menghubung CS Lazada untuk menanyakan masalah yang kamu alami saat ini. Untuk menghubungi CS Lazada kamu bisa kunjungi melalui link ini https://www.lazada.co.id/helpcenter/contact-us/

Baca Juga: Cara Mengganti Nomor Hp di Lazada Yang Sudah Tidak Aktif

Limit Paylater Tidak Cukup

Limit paylater adalah jumlah nominal yang bisa kamu gunakan untuk belanja di Lazada dengan cara dicicil. Jika harga barang yang hendak dibeli lebih mahal dari limit paylater mu, maka secara otomatis transaksi akan dibatalkan atau kamu harus membayar nominal kurannya secara cash.

Oleh karena itu, coba kamu pastikan berapa limit paylater dan harga barang yang hendak kamu beli, jangan sampai harga barang lebih mahal dibandingkan dengan limit paylater mu. Kalau sampai ini terjadi, secara otomatis sistem akan membatalkan pesanan mu.

Ada Cicilan Lain Belum Lunas

Selain karena limit yang tidak cukup untuk belanja, ternyata penyebab lain yang membuat kamu tidak bisa menggunakan Lazada paylater adalah ada cicilan atau tagihan lain yang belum dibayar.

Ini berlaku pada platform pinjaman lain, tidak harus di Lazada ataupun Akulaku, termasuk Shopee, Easycash dan lain sebagainya. Tapi kalau ada cicilan di Akulaku yang belum lunas, kemungkinan besar karena ini.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja kamu harus punya uang untuk membayar semua cicilan atau tagihan di platform lain. Jika tidak punya uang, mau bagaimana lagi tunggu saja sampai kamu sudah punya uang.

Pernah Telat Bayar Cicilan Paylater Lazada

Apabila kamu pernah telat bayar cicilan di Lazada, kemungkinan ini penyebab kamu tiba tiba tidak bisa menggunakan fitur Paylater di Lazada. Perlu kamu ketahui, meski hanya telat sehari atau dua hari, pihak Lazada akan menandai akun mu telat melanggar aturan sehingga skor kredit akun mu turun.

Solusinya:

Jangan pernah telat bayar cicilan paylater Lazada kalau kamu masih ingin menggunakan fitur ini untuk belanja, tapi kalau sudah terlanjur telat jangan khawatir karena kamu tetap bisa menggunakan fitur ini hanya saja harus menunggu 30 hari kedepan, baru bisa menggunakan paylater lagi.

Baca Juga: Nomor Lantai/Unit di Lazada Maksudnya Apa? Simak Penjelasannya Disini

Aplikasi Lazada Error

Penyebab lain yang bisa saja membuat kamu tidak bisa menggunakan fitur paylater adalah server utama aplikasi Lazada sedang bermasalah atau down. Jika server utama ada masalah, tentu semua aktivitas didalam aplikasi Lazada akan terganggu salah satunya dalam menggunakan fitur paylater.

Kenapa begitu? Karena server utama memiliki peran penting dalam pengoperasian aplikasi Lazada. Adapun beberapa fungsi server utama adalah tempat lalu lintas data, penyimpanan data, pengoperasian fitur, dan lain sebagainya.

Solusinya:

Satu satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi CS Lazada melalui link ini https://www.lazada.co.id/helpcenter/contact-us/. Silahkan tanyakan kepada yang bertugas terkait masalah yang kamu alami dan minta juga cara untuk mengatasinya.

Fitur Paylater Lazada Dibekukan OJK

Pasti kamu ada mendengar kabar kalau Paylater Akulaku dibekukan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan karena melakukan penyaluran pembiayaan dengan skema buy now pay later (BNPL).

Berdasarkan sumber idxchannel, Keputusan OJK tertuang dalam surat Nomor SR-1/PL.1/2023 tanggal 5 Oktober 2023. Presiden Direktur PT Akulaku Finance Indonesia, Efrinal Sinaga memastikan, pihaknya dapat memenuhi segala ketentuan yang diatur otoritas.

Adanya pembekuan pada fitur paylater Akulaku, tentu juga akan berpengaruh pada paylater Lazada, karena keduanya dinaungi oleh satu perusahaan. Jadi, fitur paylater Lazada tiba tiba tidak bisa digunakan disebabkan olah fitur ini sedang dibekukan oleh OJK sehingga semua aktivitas terkait paylater tidak akan bisa lakukan sampai batas waktu tidak ditentukan.

Belum Update Aplikasi Lazada

Lazada Paylater tidak bisa digunakan, bisa juga disebabkan oleh pengguna belum melakukan update aplikasi. Tujuan dilakukan pembaruan adalah agar kinerja Lazada dapat bekerja secara maksimal.

Untuk mengetahui versi Lazada yang kita gunakan sudah using atau belum, silahkan cek melalui Google Play Store atau AppStore. Jika ada permintaan untuk update, maka segera lakukan pembaruan agar Anda bisa menggguakan fitur payleter ini.

Toko Tidak Support Paylater

Tidak hanya beberapa hal diatas saja, perlu kamu semua ketahui paylater adalah salah satu metode pembayaran yang bisa digunakan untuk belanja barang atau produk dengan cara dicicil. Tapi sayangnya tidak semua toko mendukung metode pembayaran cicil ini, jadi bisa saja penyebab kamu tidak bisa menggunakan paylater untuk belanja di Lazada karena memang si pemilik toko tidak support metode pembayaran tersebut.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Tidak ada cara lain, kamu harus memilih toko yang mendukung pembayaran menggunakan sistem paylater. Caranya sangatlah mudah, kamu bisa memanfaat fitur pencarian, ketik produk atau barang yang hendak kamu beli, lalu pilih toko yang memberi keterangan bisa paylater atau dicicil.

Hubungi Call Center Lazada

Jika semua cara diatas masih belum berhasil dalam mengatasi permasalahan fitu Lazada payleter, maka metode terakhir adalah dengan menghubungi Call Center Lazada. Adapun tips dari kami untuk melapor ke layanan Call Center Lazada:

  • Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menghubungi nomor telepon di 021-80640090
  • Kedua silahkan gunakan layanan live chat dari Lazada melalui web berikut¬†lazada contact.
  • Cara terakhir ini utamakan untuk para penjual di Lazada dengan memakai formulir pertanyaan melalui web berikut¬†sellercenter lazada.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat dari Calonpengangguran mengenai Kenapa Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan beserta cara mengatasinya. Semoga penjelasan dari kami pada kesempatan ini bisa membantu Anda dalam mengatasi kasus diatas. Sekian dan terimakasih atas waktunya.

Baca Juga: Kenapa Lazada Tidak Bisa COD? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *