Kelebihan Oppo F9 – Pada tanggal 23 Agustus 2018 perusahan Oppo resmi merilis Smartphone terbaru mereka, yaitu Oppo F9. Desain yang menarikan pada Oppo F9 adalah ukuran poni atau notch dibagian atas layar diperkecil.

Dengan begitu ukuran rasio layar ke bodi 90.8% dengan luas layar 6.3 inci. Baik rasio maupun ukuran layarnya lebih besar berkat ukuran notch yang lebih kecil. Layar seluas itu didukung resolusi sebesar Full HD+. Ada hal lain yang menjadi Kelebihan Oppo F9, apa saja itu ? simak ulasan dibawah ini. Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Oppo F11 Pro

Spesifikasi dan Harga Oppo F9

Nama Oppo F9
Rilis Agustus 2018
Dimensi 156.7 x 74 x 8 mm
Berat 169 gram
Material Polikarbonat
Jenis Layar IPS LCD
Ukuran 6,3 inci (rasio layar ke bodi ~84%)
Resolusi 1.080 x 2.340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 piksel per inci)
Proteksi Corning Gorilla Glass 6
OS Color OS 5.2 berbasis Android 8.1 (Oreo)
Prosesor Mediatek Helio P60 (12 nm)
Inti Octa-core (delapan inti)
Clockspeed Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53)
Grafis Mali-G72 MP3
Internal 64 GB / 6GB RAM atau 64 GB /4 GB RAM
Eksternal microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Kamera Belakang 16 MP, f/1.8, 1/3.1, 1.0µm, PDAF
2 MP, f/2.4, depth sensor
Kamera Depan 25 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.9µm
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass.
Baterai 3.500 mAh (non-removable)
Harga Rp 3,999 Juta – Rp 4,999 Juta

Kelebihan Oppo F9

kelebihan oppo f9
Sumber www.blanja.com

Memiliki 4 Warna Gradasi Menawan

Kelebihan Oppo F9 pertama adalah hadir dengan 4 varian warna, yaitu jade green, sunrise red, twilight blue dan edisi premium starry purple Jika umumnya gadget memiliki warna dasar seperti hitam, abu-abu dan rosegold, beda halnya Oppo F9 yang menawarkan 4 warna gradasi menawan diatas.

Salah satu warna gradasi yang paling menarik adalah starry purple, dengan perpaduan hitam ungu dengan sentuhan efek bintang.  Selain itu, oppo f9 juga menawarkan motif 2 dimensi dibagian belakang berbentuk daun atau sisik ikan.

Memiliki Desain Kekinian Layar Waterdrop Screen

Kelebihan selanjunya dari Oppo F9 adalah desain layar yang kekinian. Jika dibanding dengan Oppo lainnya seperti F7, desani oppo f9 terbilang lebih oke. Baca Juga Kelebihan Oppo A5s

Karena f9 memiliki desain layar yang mempersempit mempersempit notch pada bagian atas hingga sebesar tetesan air. Dengan begitu, tampilan layar akan terkesan lebih luas atau bezel-less.

Memiliki Desain Bodi Oke

Yang menjadi kelebihan Oppo F9 selanjutnya adalah tampilan bodi oke, bukan hanya dari segi layar notch waterdrop screen saja tetapi juga bodi desain secara keseluruhan. Bodi ponsel ini hadir dengan finishing glossy dengan warna yang mengilat.

Salah satu keunggulan Oppo F9 yaitu desain bodinya. Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa oppo f9 memiliki model Starry Purple, dengan tampilan berkilau seperti kumpulan bintang dalam balutan warna ungu ke violet.

Layar Dilengkapi Corning Gorilla Glass 6  

Umumnya ukuran layar oppo f9 sama dengan oppo f7, yaitu 6,23 inch dengan resolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel. Kemudian layar ini juga menggunakan teknologi panel IPS LCD yang tergolong cukup baik dan mampu menampilkan visual warna yang kaya.

Menurut pengalaman saya, oppo f9 mampu mampu menampilkan sudut pandang layar yang baik dan memiliki vibrant warna yang cukup saat digunakan di luar ruangan. Selain itu, hal yang menarik dari oppo f9 adalah penggunaan pelindung layar Corning Gorilla Glass 6.

Corning Gorilla Glass 6  merupakan teknologi layar terbaru pada tahun 2018 ini, ditambah dengan ukuran notch diperkecil menjadikan oppo f9 menjadi pembaruan terbaik dari gadget oppo sebelumnya, yaitu oppo f7.

Memiliki Baterai Yang Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya dari Oppo F9 yaitu baterai mampu bertahan lama, baterai pada oppo f9 memiliki kapasitas 3.500 mAh. Dengan kapasitas baterai tersebut dan hasil percobaan saya, Oppo F9 mampu bertahan 12 jam an penggunaan normal.

Didukung VOOC Flash Charge

Adanya dukungan fitur VOOC Flash Charge, meskipun kapasitas baterai oppo f9 terbilang besar. Dengan adanya fitur tersebut, pengisian daya pada oppo f9 dari 0% sampai 90% hanya memerlukan waktu 1 sampai 11/2 jam saja. Keren bukan ?

Kamera Belakang Cukup Baik

Kelebihan oppo f9 selanjutnya adalah memiliki 2 kamera belakang, pada generasi sebelumnya yaitu oppo f7 yang hanya memiliki satu kamera belakang saja. Maka perusahaan oppo mencoba melakukan pembaruan khususnya pada sektor kameranya cukup berhasil, buktinya dengan rilis oppo f9 ini yang memiliki dua kamera belakang dengan resolusi16 MP + 2 MP. Untuk kualitas gambar yang dihasilkan oke, dengan kamera resolusi tersebut gambar yang dihasilkan oppo f9 sudah sangat memuaskan. Bagaimana anda tertarik membelinya ?

Kualitas Kamera Depan Oke

Meskipun tak ada perubahan kualitas kamera depan dari seri sebelumnya. Untuk kualitas kamera depan oppo f9 tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya kamera depan oppo f9 dilengkapi dengan resolusi 25 MP dan bukaan f/2.0, kamera F9 mampu menghasilkan gambar yang tajam dan terang bahkan pada kondisi gelap sekalipun.

Performa gadget Oke

Sebenarnya oppo f9 masih menggunakan prosesor yang sama dengan gadget sebelumnya, yaitu MediaTek Helio P60. Meskipun begitu, untuk masalah perfoma dengan prosesor tersebut tidak perlu diragukan lagi.

Karena Tek Helio P60 merupakan salah satu prosesor terbaik untuk kelas smartphone mid-range, Helio P60 dengan fabrikasi 12 nanometer (nm) mampu menghemat konsumsi daya serta mendukung adanya penggunaan artificial intelligent pada Oppo F9.

Ditambah dengan RAM 4GB dan 6GB (khusus Starry Purple), Oppo F9 ini mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dengan lancar loh. Bagaimana ?

Menggunakan Color OS yang Kaya Fitur

Kelebihan Oppo F9 terakhir adalah menggunakan ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Tipe UI yang digunakan ini serupa dengan yang ada di Oppo Find X. Fitur-fitur yang dihadirkan juga serupa, yakni berbagai fitur menarik dan kaya seperti Gesture controls, Smart Driving, Smart Assistant, dan lainnya.

Dengan tampilan UI Oppo F9 ini navigasinya simpel tetapi memiliki ikon yang kaya warna. Fiturnya juga tergolong kaya. Hal ini juga senada dengan apa yang dikatakan oleh Gadgests NDTV yang menyebut kalau Oppo F9 termasuk HP Oppo dengan ColorOS yang kaya fitur.

Kekurangan Oppo F9

kekurangan oppo f9
Sumber www.jumia.co.ke

Masih Menggunakan Port microUSB

Kekurangan Oppo F9 pertama adalah masih menggunakan port microUSB, menurut saya penggunaan microUSB terbilang ketinggalan jaman. Pasalnya sudah banyak gadget saingan oppo yang menggunakan USB Typer-c, padahal lebih praktis dibandingakan microUSB. Kedepannya saya berharap gadget oppo akan menggunakan USB Type-c atau lainnya yang lebih oke.

Bodi Belakang Mudah Kotor

Meskipun desain bodi belakang oppo f9 termaksud salah satu kelebihannya, ternyata dengan perpaduan warna dan desain tersebut mengakibatkan oppo f9 mudah kotor apalagi dibagian sidik jarinya.

Tips terbaik untuk mengurangi bodi belakang dan sidik jari pada oppo f9 tidak mudah kotor, dengan memasang case pelindung, namun hal ini tentunya akan mengurangi estetika dari smartphone ini.

Tidak Dilengkapi Fitur NFC

Bagi anda pengguna tetap dari fitur near field communication (NFC), maka harus bersabar karena oppo f9 tidak dilengkapi fitur tersebut. Meskipun banyak aplikasi bantuan lainnya, tetap saja dengan adanya NFC beberapa pengguna oppo yang sering menggunakan NFC akan lebih puas dibadingkan tidak adanya fitur ini.

2 Kamera Belakang Berkualitas Standar

Nampaknya, Oppo hanya menambahkan kamera ganda untuk sekedar ‘gaya gayaan’. Pasalnya, hasil gambar yang dihasilkan tergolong standar atau biasa saja.

Pada kondisi low-light, detail gambar akan pecah dan banyak terlihat noise, sedangkan warna yang dihasilkan kadang terlihat berlebihan dan terlalu matang.

Untuk mengakali hal tersebut, anda harus senantiasa menyalakan mode high dynamic range (HDR) dan mengambil foto pada pencahayaan yang baik.

Tidak Ada Fitur Wireless Charging

Meski dilengkapi fitur fast charging, Oppo F9 belum menyematkan fitur wireless charging, sehingga kalian harus bertahan dengan pengisian daya secara konvensional.

Menggunakan Chipset yang Sama dengan Seri Sebelumnya

Oppo F9 hadir dengan chipset MediaTek Helio P60. Chipset ini juga tersemat di Oppo F7. Dengan begitu tidak adanya peningkatkan pada sektor perfoma gadget ini. Dengan artian perfoma antara Oppo f9 dan f7 tidak ada perbedaan sama sekali, karena kedua gadget tersebut sama sama menggunakan prosesor Tek Helio P60.

Meskipun perfoma pada oppo f9 tidak bisa dibilang buruk, tapi harapaan pengguna gadget oppo sangat besar. Mereka berharap bahwa Oppo F9 akan menjadi pembaruan terbaik dari oppo f5, bukan hanya dari desain atau tampilannya saja tapi juga perfomanya. Tapi nyatanya apa?

Kamera Depan yang Tidak Ada Perkembangan  

Kekurangan oppo f9 selanjutnya adalah kamera depan tidak mengalami perubahan, sama halnya dengan oppo f7 yang menawarkan kamera depan dengan resolusi 25 MP. Dengan begitu, hasil foto dari kamera depan oppo f9 dan oppo f7 sama sekali tidak ada perbedaan.

Seperti diatas, bukan karena kamera depan oppo jelek. Namun pengguna, khsususnya saya sangat berharap bahwa oppo f9 akan mengalami pembaruan yang mencolok bukan hanya dari segi desainnya saja. Tapi juga kameranya.

Pengendalian noise terkadang terlalu agresif


Jika proses memotret dilakukan pada kondisi low light, kamera Oppo F9 tergolong masih cukup baik di kelasnya. Noise juga relatif minim terlihat. Namun jika dicermati lebih dekat, detail pada foto juga ikut terkikis oleh pengendalian noise yang terkadang terlalu agresif.

Reproduksi warna sesekali terlihat berlebihan

Kamera Oppo F9 mampu menyajikan warna pada foto dengan matang. Sayangnya, sesekali kami melihat warna yang dihasilkan terlihat berlebihan, alias terlalu matang.

Demikian ulasan tentang Kelebihan Oppo F9 dan Kekurangannya, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga kelebihan dan kekurangan Oppo A3s