Kelebihan Oppo A7 – Oppo secara resmi merilis gadget terbaru meraka yaitu Oppo A7 pada tanggal 26 November 2018 dengan harga jual Rp. 3.699. Salah satu keunggulan dari Oppo A7 adalah kapasitas baterai yang sangat besar mencapai 4.320 mAh.

Dari data yang saya peroleh, Oppo A7 menjadi seri A terlaris di pasaran dibandingkan jenis Oppo lainnya.  smartphone seri A pertama yang mengusung desain layar unik. Dari segi kamera belakang, A7 menawarkan konsep ganda dengan resolusi 13+MP (megapiksel) dan kamera depan tunggal beresolusi 16 MP.

Spesifikasi Oppo A7

Nama Oppo A7
Rilis November 2018
Dimensi 155,9 x 75,4 x 8,1 mm
Berat 168 gram
Material Logam dan plastik
Jenis Layar IPS LCD
Ukuran 6,2 inci (rasio layar ke bodi ~81.6%)
Resolusi 720 x 1.520 pixels, 19:9 ratio (~271 piksel per inci)
Proteksi Corning Gorilla Glass 3
OS Android 8.1 (Oreo)
Prosesor Qualcomm Snapdragon 450 (14 nm)
Inti Octa-core 1,8 GHz Cortex-A53
Grafis Adreno 506
Internal 32/64 GB, 3/4 GB RAM
Eksternal microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Kamera Belakang 13 MP, f/2.2, AF2 MP, f/2.4, depth sensor, LED flash, HDR, Panorama
Kamera Depan 16 MP, f/2.0
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
Baterai 4.230 mAh
Harga Mulai dari Rp 3.699.000

Kelebihan Oppo A7

kelebihan oppo a7
Sumber www.bhinneka.com

1. Kamera Belakang Oke

Kelebihan pertama dari Oppo A7 adalah memiliki dua kamera belakang yang mantap. Salah satu kamera tersebut memiliki resolusi 13 megapixel dengan bukaan lensa sebesar f/2.2 dilengkapi dengan auto fokus serta satu kamera lainnya berukuran 2 megapixel dengan bukaan lensa sebesar f/2.4 yang dilengkapi dengan depth sensor.

Pada kamera belakang Oppo A7 didukung oleh fitur HDR serta panorama. Selain itu, untuk perekaman videonya, smartphone ini mampu merekam video beresolusi 1080p dengan kecepatan sebesar 30fps. Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Oppo F11 Pro

2. Kamera Belakang Juga Oke

Selanjutnya adalah kualitas kamera depan dari Oppo A7, jika dilihat dari kualias gambar yang dihasilkan kamera depan Oppo A7 terbilang oke untuk kelasnya. Kamera ini dibekali lensa berukuran 16 megapixel, bukaan lensanya berukuran f/2.0 yang mendukung fitur HDR.

Hasil gambar dari kamera depan oppo A7 terbilang cukup baik, pasalnya pengguna gadget ini biasanya para kalangan remaja yang gila gila posting foto disosial media seperti WhatsApp dan Instgram. Bagaimana oke bukan ? Baca Juga Kelebihan Oppo A5s



3. Memiliki Layar Berkualitas

Kelebihan oppo a7 dapat diperhatikan dari kualitas layarnya, untuk layar oppo a7 dibekali panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors dengan resolusi HD+ berukuran 720 x 1520 pixels dan rasio layar 19:9. Dari segi kerapatan layar Oppo A7 juga oke, yakni ~271 ppi. Dengan begitu, kualitas gambar yang dihasilkan cukup tajam dan jelas. Namun tidak memiliki resolusi full HD.

4. Memiliki Layar Watedrop Notch

Bukan hanya dari segi kualitas layarnya saja loh, ternyata desain layar pada Oppo A7 termaksud salah satu kelebihan yang dimiliki gadget satu ini. Pasalnya Oppo A7 memiliki layar waterdrop fullscreen.

Bukan hanya itu saja, jika dilihat dari ukuran layarnya oppo A7 memiliki layar yang terbilang besar yakni 6,22 inci dengan aspek rasio 19:9. Dengan ukuran layar segini, akan sangat cocok bagi anda yang suka bermain game mobile seperti Free fire dan Mobile Legends ni.

5. Layar Gorilla Glass 3

Kelebihan selanjutnya dari segi layar adalah pelindung layar dibekali kaca gorilla glass 3. Kita ketahui gorilla glass merupakan pelindung layar yang terbuat dari kaca besutan Corning, sehingga ketahan layar dari Oppo A7 tidak perlu diragukan lagi.

6. Memiliki Desain Elegan

Kelebihan oppo a7 selanjutnya adalah didesain elegan dan premium, gadget ini memiliki dimensi berukuran 155.9 x 75.4 x 8.1 mm dengan berat sekitar 168 gram ini memiliki desain menarik.

Dengan tampil dengan bezel yang minim, serta notch atau biasa disebut poni yang sangat imut ada di bagian depannya. Bagian belakang bodinya terlihat seperti kaca.

Pada bagian bodinya, oppo a7 memiliki bodi yang terbuat dari composite polycarbonate, bukan 100% kaca. Untuk bagian belakangnya, Oppo A7 memiliki dua lensa kamera yang sudah kami jelaskan diatas dengan resolusi 13 dan 2 megapixsel.

Selain itu terdapat juga fingerprint sensor dan tentu saja logo dari Oppo. Kemudian di bagian bawah terdapat port USB tipe-B, audio jack berukuran 3.5 mm serta speaker multimedia.



7. Performa Oke Dikelasnya

Untuk kelebihan Oppo A7 berikutnya dapat kita rasakan dari perfoma gadget ini. Menurut saya perfoma dari oppo a7 terbilang oke lah untuk sekelasnya. Gadget ini dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 450, dengan CPU octa core 1.8 GHz, cortex A53 dan GPU Adreno 506.

Oppo A7 tersedia dalam dua versi RAM yaitu 3 dan 4 GB. Dengan kapasitas RAM tersebut, walaupun gadget ini hanya dilengkapi oleh chipset Snapdragon 450 masih oke kok digunakan untuk beberapa kegiatan seperti bermain game mobile.

Dengan begitu anda bisa memainkan game kesukaan seperti PUBG, Free Fire dan Mobile Legends dengan setting grafis medium atau menengah. Dilihat dari segi perfoma secara menyeluruh gadget ini terbilang cukup mantap.

8. Memiliki Operasi ColorOS 5.2

Kelebihan selanjutnya dari Oppo A7 adalah memiliki sistem operasi colorsOS 5.2 terbaru, berbasis Android 8.1 Oreo. Pengalaman yang ditawarkan kurang lebih sama dengan smartphone OPPO lainnya, yakni praktis dan terasa ringan.

Keunggulan dari ColorsOS 5.2 lebih pintar, lebih efisien, dan nyaman digunakan. Tidak hanya itu, fitur-fitur khas OPPO yang cukup berguna seperti Smart Bar, Quiet Time, Recording Screen, hingga Game Space tersedia.

9. Warna Atraktif

Diatas tadi sudah kami jelaskan bahwa Oppo A7 memiliki desain elegan dan premiun, kesan mewah dari gadget ini tidak terlepas dari warna atraktif yang dimilikinya. Gadget ini dijual dengan 2 variasi warna yaitu Glaze Blue dan Glaring Gold. Dengan begitu Oppo A7 akan lebih menawan.

10. Baterai Tahan Lama

Kelebihan Oppo A7 Selanjtunya dapat dirasakan dari kapasitas baterai yang besar yakni 4.320 mAH. Dengan kapasitas baterai tersebut, Oppo A7 akan lebih tahan lama dalam penggunaannya.

Ditambah dengan layar dari Oppo A7 yang masih HD+  sehingga baterai smartphone ini bisa dibilang cukup awet untuk digunakan sehari-hari. Dari uji coba kami, Oppo A7 mampu bertahan selama 2 hari dengan penggunaan normal.

11. Sudah Dilengkapi Face Unlock

Meskipun dibagian belakang Oppo A7 memiliki fingerprint, gadget ini juga menawarkan fitur keamana lainnya yaitu face unlock. Tingkat kecepatan dari Face Unlock Oppo A7 terbilang cepat, sehingga dapat menjadi pilihan lain untuk keamanan gadget ini nantinya. Bagaimana tertarik ?


Kekurangan Oppo A7

1. Resolusi layar masih HD+

Sangat disayang bahwa Oppo A7 masih memiliki layar berkualitas HD+, belum Full HD+. Padahal saingan dari Oppo A7 kebanyakan sudah menggunakan layar full HD+ tapi kenapa Oppo tidak? Menurut saya Oppo A7 tidak ada bedanya dengan Oppo A5.

Mungkin kualitas layar HD+ sudah cukup memuaskan untuk beberapa orang, namun tidak bagi saya. Saya lebih suka menggunakan gadget dengan kualitas layar Full HD+, ditambah lagi kita bisa merasakan lebih nyata saat bermain game contohnya.

2. Masih Menggunakan Hardware Yang Buruk

Diatas tadi sudah kami jelaskan bahwa Oppo A7 menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 450 octa-core yang ditemani dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB (lengkap dengan slot microSD terpisah). Jika kita bandingkan dengan gadget sekelas lainnya, sudah menggunakan Snapdragon 636 atau bahkan Snapdragon 660.

Meskipun Snapdragon 450 osta-core tidak perlu diragukan lagi perfoma, namun bagi beberapa orang yang suka menggunakan aplikasi besar dengan kualitas terbaik tentu prosesor ini tidak mendukung. Seharusnya Oppo A7 mengunakan Prosesor terbaru kalau tidak ingin kalah saingan dengan gadget sekelas lainnya.

3. Tidak Menngunakan Fast Charging

Dengan kapasitas baterai 4.320 mAh tanpa menggunakan fast charging bisa dibayangkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai sampai penuh? Saya sangat menyanyangkan bahwa Oppo A7 tidak menggunakan Fast Charging, padahal harapan saya gadget ini akan lebih baik dari oppo lainnya.

4. Kamera Sama Dengan Generasi Sebelumnya

Masalah kamera sebenarnya tidak ada, tapi banyak sekali pengguna oppo berharap kalau Oppo A7 ini akan memiliki kamera wah dari jenis lainnya. Tapi nyata nya tidak, Oppo masih menawarkan dua kamera belakang dengan resolusi 13 MP ddan 2 MP. Sama halnya dengan Oppo A5 sebelumnya, Huff!

5. Bagian Belakang Terbuat Dari Material Plastik

Kelamahan selanjutnya terletak pada bahan material belakang gadget ini, padahal untuk saingan Oppo A7 sudah tidak lagi menggunakan material plastik. Tapi kenapa Oppo A7 masih menggunakannya?

Saya sedikit heran, meskipun Oppo A7 menawarkan desain mewah namun karena materialnya plastik bisa dibayangkan apa yang akan terjadi kedepannya? Silahkan nilai sendiri.

Demikian ulasan tentang Kelebihan Oppo A7 dan kekurangan beserta spesifikasinya. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiaanya. Baca Juga kelebihan dan kekurangan Oppo A3s