Fotografer

Contoh Foto Close Up dan Cara Memotretnya Secara Tepat

Contoh Foto Close Up – Mungkin dari anda belum tau bagaimana cara mengambil foto close up bukan? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara dan contoh foto close up. Sebelumnya kita akan memahami apa sih memotret foto close up? Foto close up adalah cara memotret dari jarak dekat maka lebih fokus dengan objek yang akan di potret.

Biasanya Jenis foto close up banyak dipakai untuk foto potrait yang objeknya berupa manusia. Dengan menggunakan teknik dan settingan yang benar dalam cara memotret close up, foto close up yang Anda hasilkan akan memiliki kesan yang unik menyesuaikan dengan objek yang Anda potret. Langsung saja mari kita simak penjelasan Contoh Foto Close Up dan cara memotretnya secara tepat :

Baca Juga Komposisi Dalam Fotografi Yang Perlu Anda Ketahui

Contoh Foto Close Up

Contoh Foto Close Up
Arsip Blog

Cara Memotret Close Up

Untuk mendapatkan hasil foto close up Anda dapat mengunakan semua jenis lensa, karena foto close up adalah memotret pada jarak yang dekat dan fokus pada objek atau subjek. Sudah banyak para fotografer melakukan cara memotret close up dengan menggunakan settingan kamera yang tepat agar foto yang dihasilkan terang dan fokus. Biasanya Jenis foto close up dapat dipadukan dengan foto portrait, Kenapa? Supaya mendapatkan hasil foto yang bagus, Anda dapat memahami karekter subjek yang akan dituju agar dapat mengambil sudut foto yang tepat.

Dalam memotret foto close up ini dibutuhkan ide dan imajinasi serta kretivitas lebih yang anda punya agar menciptakan karya foto close up yang berkarakter. Oh iya foto close up biasa identik dengan pas foto, mengapa begitu? Karna pas foto adalah bagian dari foto close up. Dengan adanya alat bantu lighting yang tepat dapat menghasilkan foto close up yang bagus.

Baca Juga Arti Kata Hunting Dalam Bahasa Gaul dan Indonesia

Cara Memotret Close Up Yang Indah

Foto potrait dan foto close up adalah salah satu jenis foto yang banyak digunakan oleh fotografer dalam membidik objek berupa orang atau beberapa orang. Untuk memotret foto close up yaitu sebaiknya menggunakan lensa yang mempunyai focal length panjang. Mengapa demikian ? karena lensa jenis ini akan menghasilkan subjek terkesan dekat dan area background akan terlihat blur dan memberi kesan lembut. Lensa yang digunakan memiliki focal length 200mm dan minimal 85mm.

Keunggulan lensa ini yaitu lensa jenis tele akan menghasilkan foto yang bagus bila dibandingkan dengan menggunakan lensa wide. Apabila anda menggunakan lensa wide justru akan memberi kesan subjek lebih jauh, maka sangat tidak cocok untuk menggunakan lensa wide pada foto portrait. Berbeda dengan anda menggunakan lensa tele dalam cara memotret close up ini akan menghasilkan foto close up yang bisa dipotret dengan jarak yang cukup jauh.

Cara Memotret Close Up Yang Benar

Untuk teknik memotret close up dengan menggunakan kamera DSLR sebaiknya hindari eye level. Kita dapat mengubah cara pandang kita dengan menggunakan angle yang lain agar menghasilkan tipe foto yang berbeda yaitu dengan cara menggunakan flash dari arah berbeda agar menghasilkan foto yang berdimensi dan lebih menonjolkan detail pada subjek. Jangan lupa gunakan flash pada arah samping atau belakang subjek.

Dengan menggunkan teknik foto ini akan menghasilkan foto close up yang sangat indah apalagi bila ditambahkan dengan foto landscape pemandangan sekitar. Apabila anda hasil fotonya semakin dramatis, sebaiknya dalam cara memotret close up ini Anda bisa mencari backlight agar hasil foto close up lebih menarik. Dengan menetapkan teknik fotografi yang bagus, foto pada keadaan backlight bisa diolah menjadikan foto close up yang benilai seni tinggi.

Terdapat teknik memotret close up menggunakan kamera DSLR yaitu dengan teknik framming dan komposisi. Meskipun anda menggunakan Teknik fotografi sebagus mungkin, namun jika komposisi fotonya tidak bagus, maka akan mengurangi keindahan dari hasil foto tersebut. Kita dapat memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber cahaya agar bisa menghasilkan foto close up yang cukup terang.

Walaupun sudah memanfaatkan sinar matahari, tentu saja Anda masih membutuhkan lighting tambahan untuk menghasilkan foto close up yang tidak datar. Anda bisa menggunakan lighting tambahan yang diletakan searah dengan datangnya sinar matahari agar shadow yang dihasilkan semakin pekat dan akan menjadikan hasil foto close up yang indah.

Baca Juga Jenis Jenis Foto Dalam Dunia Fotografi Beserta Penjelasannya

Demikian ulasan mengenai Contoh Foto Close Up dan cara memotretnya. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya.

2 Replies to “Contoh Foto Close Up dan Cara Memotretnya Secara Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *