Kelebihan dan Kekurangan dari Samsung Galaxy M31

Mau tahu apa saja Kelebihan dan Kekurangan Dari Samsung Galaxy M31 yang perlu diketahui? Tentunya sebelum Anda membeli sebuah smartphone sangat perlu mencari tahu spesifikasi yang ditawarkan dari smartphone tersebut.

Sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa Samsung Galaxy M31 ini merupakan smartphone kelas menengah dengan spesifikasi yang bisa menyaingi smartphone kelas atas, meski hanya beberapa sector saja.

Sector mana saja? Untuk lebih jelasnya Anda bisa menilai sendiri dari artikel Kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy M31 dibawah ini, pantas atau tidaknya smartphone ini dikatakan mampu menyaingi hp kelas atas.

Spesifikasi Samsung Galaxy M31

  • Varian warna: Ocean Blue, Space Black, Red
  • Layar: 6.4 inch
  • Resolusi layar: 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~403 ppi density)
  • Chipset: Exynos 9611 (10nm)
  • OS: Android 10, One UI 2.0
  • CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • Memori internal: 64GB 6GB RAM, 128GB 6GB RAM
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • SIM card: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Berat: 191 gram
  • Kamera Belakang: triple kamera 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF; 8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 5 MP, f/2.4, 25mm (macro), 1/5.0″, 1.12µm.
  • Kamera Depan: 32 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
  • Baterai: Non-removable Li-Po 6000 mAh
  • Jack earphone: 3,5mm audio jack

Kelebihan dari Samsung Galaxy M31

1. Kapasitas Baterai Besar

Memenuhi permintaan pasar menjadi salah satu tips agar produk atau brand yang akan mereka jual bisa laku keras. Sama halnya dengan Perusahaan Samsung sebelum merilis smartphone terbaru, dipastikan mereka melewati tahap pengamatan mengenai kebutuhan pasar atau konsumen. 

Disini saya sangat terkejut, kenapa? Karena rilisnya Samsung Galaxy M31 yang dibekali baterai berkapasitas jumbo yaitu 6.000 mAh, sehingga menjadikan Samsung M31 sebagai smartphone dengan kapasitas baterai terbesar dikelasnya.

Sebagai konsumen, saya sangat mengapresiasi Perusahaan Samsung yang telah merilis smartphone ini, karena sangat memperhatikan kebutuhan pasar pada saat ini. Seperti yang kita tahu kebanyakan orang menggunakan smartphone mereka untuk bermain game online yang artinya memerlukan baterai berkapasitas jumbo dan tahan lama.

Samsung Galaxy M31 mampu bertahan selama dua hari dengan penggunaan normal, sedang untuk pengguna non-stop bisa bertahan selama 24 jam. Hal serupa juga diungkapkan Oleh GSMArena, bahwa baterai Samsung Galaxy M31 sanggup bertahan selama 24 jam lebih. Jadi sangat cocok untuk kita yang memang memerlukan smartphone dengan baterai tahan lama.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan dari Samsung Galaxy M30s

2. Desain Layar Keren

Selain dari kapasitas baterainya, Samsung Galaxy M31 juga memiliki kelebihan di sector Desain Layar nya. Di smartphone ini dibekali layar yang terbilang besar yakni 6,4 Inchi dan juga menyematkan Panel Layar Super AMOLED.

Seperti yang kita tahu Panel Layar Super AMOLED merupakan ciri khas dari smartphone Samsung yang tidak dimiliki oleh smartphone lain. Kualitas dari panel layar Super AMOLED ini tidak perlu lagi kita ragukan,

Kenapa? Karena sebagai besar smartphone yang dirilis oleh Perusahaan Samsung juga menggunakan panel layar ini, dengan adanya Super AMOLED di Samsung Galaxy M31 mampu menghasilkan tampilan layar sangat jernih dan warna sangat tajam.

Tidak hanya itu saja, desain yang ditawarkan sangat kekinian yaitu mengusung layar Infinity-U sehingga menambahk kesan mewah pada smartphone ini. Padahal Samsung Galaxy M31 sekelas dengan Smartphone Xioami Redmi Note 8 Pro yang masih mengusung tampilan layar IPS.

3. Kapasitas RAM dan ROM Besar

Bagi Anda yang sering menggunakan smartphone untuk menyimpan banyak file penting untuk urusan kerja, kuliah, ataupun sebatas hiburan saja. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Samsung Galaxy M31 dibekali RAM dan ROM berkapasitas besar, yakni RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Dengan begitu Anda tidak perlu lagi takut penyimpanan internal akan penuh, selain itu dengan RAM 6 GB ini bisa dijamin semua aktivitas Anda di Smarpthone akan lancar, karena RAM dapat meningkatkan performa dari sebuah smartphone.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A21s

4. Sudah Dedicated Slot   

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy m31

Samsung Galaxy M31 dibekali Triple Slot, artinya Anda bisa menggunakan dua SIM Card + Memori Eksternal secara bersamaan. Sedikit unik sih, karena pada dasar smartphone ini sudah dibekali penyimpanan internat besar tetapi juga bisa ditambah Memori Eksternal hingga penyimpanan 512 GB.

Fungsi dari Dedicated Slot untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan dari sebuah smartphone ketika menggunakan MicroSD. Oleh karena itu hadirnya Dedicated Slot pada smartphone ini layak kita beri apresiasi.

Karena pihak Samsung sangat memperhatikan hal yang kebanyakan dianggap sepele oleh perusahaan smartphone lain. Disini saya mewakili pengguna lain mengucapkan banyak terima kasih kepada Perusahaan Samsung, jadi mulai sekarang kami tidak perlu lagi takut penyimpanan akan penuh karena terlalu banyak menyimpan file di smartphone.

5. Versi Android 10

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy m31

Keunggulan selanjutnya dari Samsung Galaxy M31, sudah menghadirkan Android 10 yang merupakan Operating System Terbaru dengan berbagi fitur antarmuka yang tidak ada di versi Android sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, smartphone ini juga dibekali One UI 2 yang bisa memberi pengalaman baru kepada pengguna dan system navigasi lebih baik. Keren bukan?

Baca Juga Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A10s

6. 4 Kamera Belakang

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy m31

Sector kamera pada sebuah smartphone juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi beberapa orang apalagi yang suka traveling, tentu akan lebih mudah ringan membawa smartphone dibanding harus membawa kamera dsrl juga.

Pada Samsung Galaxy M31 ini menawarkan 4 lensa kamera belakang yang mampu menangkap gambar berkualitas tinggi. Ke 4 kamera tersebut memiliki fungsi masing-masing diantaranya kamera utama memiliki resoluis 64 MP, Kamera Ultra Wide dengan resolusi lensa 8 MP, Kamera Makro dengan lesan 5 MP, dan Kamera Bokeh dengan lensa 5 MP.

7. Hasil Rekaman Video Resolusi 4K

Apakah Anda suka membuat sebuah video dari kamera smartphone? Kalau iya, Samsung Galaxy M31 bisa jadi pilihan terbaik. Kenapa? Karena kamera belakang dari smartphone ini tidak hanya bisa menghasilkan foto berkualiast HD saja, tetapi juga bisa membantu Anda menghasilkan Video dengan resolusi 4K di 30fps.

Hanya saja di kamera belakang ini tidak dilengkapi fitur stabilization, sehingga Anda memerlukan alat tambahan untuk hasil video lebih maksimal.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z Flip

8. Bodi nyaman

Keunggulan terakhir dari Samsung Galaxy M31 adalah bodi tetap nyaman digenggam, meski memiliki layar berukuran besar dan baterai super besar juga. Tidak hanya itu, menurut saya smartphone ini juga tidak terlalu berat sehingga nyaman-nyaman saja disimpan dalam kantong celana.

Walaupun tidak begitu penting, tapi bagi saya pribadi semahal atau secanggih apapun smartphone kalau tidak memberi kesan nyaman bagi penggunanya tentu perlu dipertanyakan. Kalau menurut pendapat Anda bagaimana?

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Kekurangan dari Samsung Galaxy M31

Karena artikel ini membahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy M31, setelah kita mengulas semua kelebihannya dibawah ini kita akan menyinggung kekurangan dari Samsung Galaxy M31 ini.

1. Performa Gaming B aja

Seperti yang sudah saya singgung diatas, memperhatikan kebutuhan pasar menjadi salah satu tips agar produk atau brand yang akan dijual bisa laku keras. Sayangnya pihak Samsung kurang memperhatikan hal ini.

Kenapa begitu? Karena lebih dari 50 persen orang lebih sering menggunakan smartphone mereka untuk bermain game online, sama halnya dengan saya. Oleh karena itu, dengan hadirnya Samsung Galaxy M31 ini diharapkan bisa menunjang aktivitas bermain game kami.

Tapi nyatanya apa? Menurut saya pribadi performa gaming dari Samsung Galaxy M31 ini terbilang sangat biasa, karena hanya dibekali Chipset Exynos 9611 yang menyematkan CPU 8 core. Penggunaan chipset ini tidak mampu memberi pengalaman bermain gamei yang optimal.

Dari hasil benchmark AnTuTu, Samsung Galaxy M31 tidak mampu mengalahkan performa dari smartphone lain dikelasnya karena hanya memperoleh score 195284. Meski menurut SmartPrix, smartphone bisa memainakan game PUBG Mobile dengan FPS cukup tinggi, tetapi apabila kita melakukan perubahan grafis ke Ultra akan terjadi penurunan performa.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra

2. Pengisian Daya Baterai Lama

Kelemahan selanjut dari Samsung Galaxy M31 yang pasti akan membuat Anda kecewa adalah waktu pengisian baterai terbilang lama. Seperti yang kita tahu, smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 6.000 mAh tetapi hanya menyemat fast charging 15W saja.

Biasa Anda banyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai smartphone ini hingga penuh. Menurut Situs GSMArena, Samsung Galaxy M31 memerlukan waktu 2 1/2 jam untuk mengisi baterai hingga penuh. Padahal untuk smatphone lain dikelasnya, hanya memerlukan waktu 30 menit hingga 1 jam saja.

3. Menyematkan Gorilla Glass 3 saja

Bagi kita yang sering menghabiskan waktu diluar rumah, tentu sangat berharap agar smartphone yang digunakan bisa aman meski sering kali terjatuh. Sangat disayangkan, karena Samsung Galaxy M31 ini hanya menyematkan pelindungan layar Gorilla Glass 3.

Seperti yang kita tahu pelindung ini hanya mampu melindungi layar smartphone Anda dari goresan. Seharunya smartphone dikelas ini sudah dibekali Gorilla Glass 5 yang memiliki ketahanan lebih kuat dibandingkan Gorilla Glass 3.

4. Absennya Fitur NFC

Kelemahan lain dari Samsung Galaxy M31 adalah absennya fitur NFC, padahal bisa dikatakan fitur ini wajib ada di smartphone masa kini, apalagi untuk Anda yang tidak di kota-kota besar. Memangnya apa fungsi dari fitur NFC?

NFC atau Near Field Communication adalah fitur yang membantu Anda melakukan berbagai transaksi online seperti mengisi saldo kartu e-Toll  ataupun pembayaran online lain. Maka dari itu dengan absennya fitur ini sangat disayang.

5. Tampilan Series M Membosankan

Menurut pendapat saya kelemahan lain dari Samsung Galaxy M31 terlihat dari desain yang itu-itu saja, apalagi untuk series M yang cenderung memiliki desain hampir sama.

Apa saja itu? Pertama tampilan layar series M tidak pernah berubah, selalu menampilakn desain layar Infinity U dan desain serta waran dari bodi belakang sama semua.

6. Bodi Mudah Kotor

Kelemahan terakhir dari Samsung Galaxy M31 adalah bodi belakang sangat mudah kotor, hal ini dikarena pengguna material bodi yang tidak benar sehingga bekas sidik jari Anda akan membekas. Untungnya mengatasi kekurangan satu ini cukup mudah, Anda hanya perlu memasang Soft Case.

Demikian ulasan singkat dari Calonpengangguran mengenai apa saja Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31 yang perlu kita ketahui. Semoga sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung kesini.

Arnold Tio Sandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *