Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A02s

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A02s – Tahun 2021 awal ini perusahaan Samsung secara resmi mengumumnkan rilisnya smartphone terbaru mereka yakni Samsung Galaxy A02s. Meskipun berita ini sudah lama didengar bersamaan dengan smartphone samsung lain seperti Samsung Galaxy A12 pada tahun 2020 lalu.

Daya tarik dari Samsung A02s ini terletak pada harga jualnya yang tidak lebih dari 2 jutaan, tetapi memiliki kelebihan dibeberapa sector menyamai smartphone diharga 3 jutaan. Maka dari itu, pengguna setia Samsung seperti saya sangat penasar dengan wujud smartphone ini.

Apalagi kabarnya disector kamera nya bisa membantu Anda menghasilkan foto ala kamera dsrl dengan mudah, jadi akan sangat cocok untuk kita yang suka mengabadikan moment-moment tertentu tanpa perlu repot membawa kamera dsrl langsung.

Tidak perlu panjang lebar tentu Anda semua sudah penasarankan apa saja Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A02s yang perlu diketahui, berikut penjelasannya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A02s

  • Nama: Samsung Galaxy A02s
  • Rilis: 4 Januari 2021
  • Berat: 196 gram (g)
  • Material: Kaca depan, bagian belakang plastik polycarbonate, bagian bingkai plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: PLS IPS 6.5 inci (rasio layar ke bodi ~81.8%)
  • Resolusi Layar: 720 x 1.600 piksel (HD+)
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 450
  • Prosesor: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • Ram: 3GB atau 4GB
  • Memori Internal: 32GB atau 64GB
  • Kamera Belakang: 13MP (f/2.2, lensa wide, AF) + 2MP (f/2.4, lensa macro) + 2MP (f/2.4, depth)
  • Bluetooth: 4.2, A2DP
  • USB: USB Type-C 2.0
  • Sensor: Accelerometer, proximity
  • Baterai: 5.000 mAh (fast charging 15W)
  • Harga: Resmi mulai dari 1.799.000

Kelebihan dari Samsung Galaxy A02s

Layar Didesain Bezel-Less

kelebihan dan kekurangan samsung a02s

Samsung Galaxy A02s dibekali Layar PLS TFT LCD dengan ukuran 6,1 Inchi dan menampilkan desain layar Infinity-V/Waterdrop Notch dibagian atasnya. Walaupun layar dari Samsung Galaxy A02s tidak menggunakan Panel Super AMOLED seperti kebanyakan smartphone Samsung lainnya, dari segi animasi gambar yang ditampilkan tetap jernih dan tajam.

Kemudian layar ini memiliki resolusi 720 x 1600 piksel, rasio screen-to-body sebesar 81,8 persen, dan tingkat density sebesar 270 ppi. Tidak hanya itu saja Samsung Galaxy A02s ini terkesan seperti smartphone kelas premium, hal ini dikarenakan adanya desain Bezel-Less dan bentukan sleek yang menambah kesan premium smartphone ini.

Dengan tampilan yang dimiliki dari Samsung Galaxy A02s ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang suka menonton film ataupun bermain game online seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG, dan masih banyak lagi yang lain.

Baca Juga

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Baterai Tahan Lama

Selain sector layarnya, Samsung Galaxy A02s juga menawarkan kelebihan lain di sector Ketahanan Baterainya. Pasalnya Samsung Galaxy A02s ini dibekali baterai berkapasitas besar yang patut kita beri apresiasi, jenis baterainya sendiri adalah non-removable Lithium Polymer dengan berkapasitas 5000 mAh.

Dengan kapasitas baterai tersebut, ketika Anda ingin keluar rumah tidak perlu takut kalau baterai akan habis, sebab smartphone ini mampu bertahan seharian. Demi menunjang bateri super besar ini, Samsung Galaxy A02s dibelai Fitur Fast Charging 15W yang bisa mengisi daya baterai super cepat.

Tampilan Kekinian dan Nyaman

Meski Samsung Galaxy A02s ini memiliki desain kekinian, tetapi pihak Samsung tidak menghilangkan rasa nyaman bagi pengguna. Kenapa? karena smartphone ini terbilang sangat nyaman digunakan seperti tidak terlalu berat, bodi tidak terlalu tebal, dan juga terdapat lekukan dibagian bodi belakang yang tentunya tangan akan sangat nyaman ketika menggenggam smartphone ini.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Taufik Nobo, bahwa Samsung Galaxy A02s ini memiliki tampilan sangat kekinian tetapi tetap nyaman digunakan, karena terdapat beberapa sector yang membuat pengguna nyaman menggunakan smartphone ini diantaranya bodi tipis, smartphone terbilang ringan, dan juga pas digenggam dengan tangan karena adanya lekukan dibodi belakang.

Selain itu, daya tarik lain dari Samsung Galaxy A02s adalah memiliki banyak varian warna yang bisa disesuaikan dengan kesukaan penggunanya. Varian warna tersebut diantaranya Hitam, Putih, dan Biru. Lalu dibagian Slot Card nya cukup unik karena menampilkan warna yang sama dengan warna bodi smartphone.

Kemudian material yang digunakan untuk membuat bodi Samsung Galaxy A02s ini adalah Plastic bertekstur, dengan begitu pengguna akan merasakan sentuhan estetikan serta elegan. Dibagian MicroSD nya terdapat ukiran halus dengan bentuk Huruf X, ukiran ini biasanya hanya ditemukan pada smartphone Samsung kelas atas saja.

Baca Juga

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51

Performa Cukup Garang Dikelasnya

kelebihan dan kekurangan samsung a02s

Tidak hanya memiliki tampilan keren, ternyata Samsung Galaxy A02s ini tetap memperhatikan kebutuhan pengguna smartphone saat ini yaitu dibekali performa cukup garang dikelas. Kita tahu, sebagian besar pengguna smartphone lebih sering menghabiskan waktu mereka untuk bermain Game Online seperti PUBG, Mobile Legends, LOL Mobile, Free Fire, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk bisa memainkan semua game berat tersebut, tentu kita memerlukan smartphone dengan performa garang dan juga murah bukan? Semua kebutuhan itu bisa Anda dapat satu paket pada Samsung Galaxy A02s, sebab smartphone ini dibekali Chipset Qualcomm Snapdragon 450 SoC beserta Prosesor Octa-core dan GPU Adreno 506.

Dengan hadirnya Chipset tersebut pada smartphone ini, Anda tidak perlu lagi kenal yang nama lemot, lelet, dan ngeleg. Bahkan kebanyakan smartphone Samsung dikelas menengah keatas juga disematkan Chipset ini, berarti Anda dan saya tidak perlu lagi meragukan ketangguhan Samsung Galaxy A02s ini.

Demi menunjang Chipset tersebut, pihak Samsung menyematkan beberapa tambahan lain yang terbilang penting seperti RAM 3GB dan 4GB, lalu Memori Internal 64GB bahkan bisa 1TB apabila Anda menambahkan MicroSD. Kemudian smartphone ini juga disematkan Android 10 dan sudah didukung One UI Core yang mampu menunjang performa.

Jadi bisa kita katanya, Samsung A02s menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang suka melakukan banyak aktivitas dengan smartphone. Untuk pengalaman tanpa lag, Anda bisa mengaktifkan Fitur Dark Mode yang ada di Menu Pengaturan.

Baca Juga

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10s

Kamera Smartphone Ala Kamera DSRL

Bagi kita yang suka mengabadi moment tersebut seperti liburan, kerja, ataupun sekedar nongkrong bareng temen. Tentu memerlukan smartphone dengan kamera yang bisa diandalkan, karena akan repot kalau kita harus membawa kamera DSRL.

Nah, kelebihan lain dari Samsung Galaxy A02s ini adalah dibekali kamera ala dsrl yang bisa Anda gunakan dengan mudah dan praktis. Kenapa begitu? Karena Samsung Galaxy A02s ini disematkan tiga kamera belakang yaitu kamera utama 13 MP dan lensa sisanya beresolusi 2 MP  yang berfungsi untuk depth lens dan macro.

Untuk hasilnya foto dari kamera ini terbilang sangat bagus untuk smartphone dikelas segini, apalagi memiliki tiga lensa kamera belakang dengan fungsi masing-masing. Ditambah lagi Anda paham mengenai fotografer, saya jamin hasil foto akan sangat menakjubkan.

Beralih ke kamera depannya, tentu tidak lengkap rasanya kalau smartphone hanya dibekali kamera belakang yang oke saja. Untung tidak dengan smartphone ini, karena Samsung Galaxy A02s memiliki kamera depan atau selfie dengan resolusi lensa 5MP yang bisa anda gunakan untuk berfoto ataupun menggunakan Fitur Face Unlock nantinya.

Harga Murah Tapi Tidak Murahan

Seperti yang sudah penulis katakan diatas, bahwa Samsung Galaxy A02s ini menawarkan banyak kelebihan dari beberapa sector diantaranya desain layar, performa, baterai, kamera, dan tampilan bodinya.

Ternyata semua kelebihan itu bisa Anda nikmati pada smartphone dengan harga 1 jutaan, kebayangkan betapa gila Samsung Galaxy A02s ini. Dengan begitu bisa kita buktikan, meski dijual dengan harga murah smartphone ini tidak sama sekali murahan.

Baca Juga

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31

Fitur Face Unlock Responsif

Keunggulan lain yang perlu kita beri apresiasi dari Samsung Galaxy A02s ini adalah kinerja fitur face unlock sangat cepat karena adanya sensor accelerometer dan proximity.

Seperti yang kita tahu, selain keamanan pola, pin, dan fingerprint atau sidik jari, Fitur Face Unlock sangat dibutuhkan karena terbilang lebih aman dan tidak perlu repot mengingat pin ataupun pola.

Hadir Dengan Triple Slot Card

Secara pribadi saya sangat suka pada smartphone yang memiliki Triple Slot Card, karena kita bisa menggunakan 2 SIM Card + Memori Eksternal bersamaan. Kenapa begitu? Karena saya termasuk orang yang menggunakan 2 kartu dengan fungsi berbeda, jadi akan sedikit repot apabila harus menggunakan 2 smartphone.

Dan juga saya sering membackup file-file penting dari laptop ke hp seperti tugas kuliah dan pekerjaan, dengan penambahan Memori Card tentu saya tidak perlu khawatir kalau penyimpanan hp akan penuh. Menurut Anda bagaimana?

Baca Juga

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A80

Kekurangan dari Samsung Galaxy A02s

Karena diartikel ini kita akan membahas Kelebihan dan Kekurangan dari Samsung Galaxy A02s, tentu setelah membahas kelebihan selanjutnya kita akan membahas apa saja kelemahan atau kekurangan dari Samsung Galaxy A02s dibawah ini.

Port USB Bukan Type-C

Hampir semua Smartphone terbaru dikelas apapun sudah menghadirkan Port USB Type-C, karena memiliki banyak kelebihan dibanding Typce-B seperti proses mengirim file dari Hp ke Laptop ataupun sebaliknya akan lebih cepat.

Maka sangat disayangkan, Port USB Type-C tidak ada pada Samsung Galaxy A02s yang merupakan smartphone terbaru. Padahal dengan hadir Type-C pengguna Galaxy A02s akan lebih senang karena lebih cepat menyalin file dan mendukung fitur fast charging.

Baca Juga

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A21s

Tidak Adanya Pelindung Layar

Kelemahan lain dari Samsung Galaxy A02s adalah tidak adanya pelindung layar, bagi pengguna yang sering teledor seperti saya sangat sedih karena smartphone tidak menyematkan pelindung dibagian layarnya. Jadi akan sangat mudah pecah apabilan terkena benturan yang tidak disengaja.

Absennya Fitur Fingerprint Sensor

Seperti yang penulis bahas tadi terdapat beberapa fitur keamanan pada smartphone yang sangat diperlukan diantaranya Face Unlock, Pin, Pola, dan Fingerprint Sensor. Tetapi kenapa pada Samsung Galaxy A02s tidak menyemat Fingerprint Sensor pada sector keamanannya?

Padahal bisa dikatakan dari semua keamanan tersebut, fitur ini paling banyak digunakan karena lebih mudah dan praktis karena pengguna tidak perlu mengingat kata sandi ataupun pola untuk bisa membuka smartphone dan juga dari segi keamanan lebih tinggi sebab membutuhkan sidik jari pemilik.

Demikian ulasan singkat dari Calonpengangguran mengenai apa saja Kelebihan dan Kekurangan dari Samsung Galaxy A02s yang perlu Anda ketahui. Semoga sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung kesini.

Baca Juga

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s

Arnold Tio Sandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *